Mukadimah

Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan terjadinya kenakalan pada anak adalah lingkungan yang rusak. Lingkungan sekolah merupakan salah satu penyumbang terbesar akan penyebaran kenakalan anak terutama dikota-kota besar. Oleh karena itu, Kebutuhan orangtua akan lingkungan sekolah yang kondusif untuk perkembangan putra putri mereka terutama di usia tamyiz dan pubertas sangatlah besar.

Rasulullah SAW sungguh telah memberikan perhatian yang besar akan pentingnya menuntun dan mendidik anak-anak sedini mungkin dengan dasar-dasar keimanan, ibadah dan akhlak serta mendidik mereka untuk mencintai Al Qur’an dengan mempelajari, menghafal serta mengamalkannya, sehingga ketika tumbuh dewasa mereka memiliki pondasi dan imunitas kuat yang akan membentengi mereka dari pengaruh negatif yang ada dilingkungan masyarakat.

Seorang ulama besar, ilmuwan dan sosiolog dunia Ibnu Kholdun mengatakan bahwa mengajari Al-Qur’an kepada anak serta menghafalkannya merupakan pondasi awal untuk mempelajari semua metode pembelajaran yang ada didunia. Oleh karena itu banyak kita temukan dalam lembaran sejarah puncak kegemilangan peradaban islam dahulu, para ulama dan ilmuwan besar ketika itu seperti iImam Syafi’i, Ibnu Sina dan yang lainnya mereka hafal Al-Qur’an diusia belia.

Mempelajari Al-Qur’an apalagi menghafalnya bukan saja akan membawa kebaikan untuk kedua orangtua sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Barang siapa menghafal Al-Qur’an dan mengamalkannya, maka orangtuanya akan dipakaikan pada hari kiamat mahkota dari cahaya yang sinarnya lebih terang dari sinar matahari” (HR. Ahmad), lebih dari itu mempelajari dan menghafalnya mampu membantu meningkatkan kecerdasan seorang anak, mengokohkan aqidah serta menancapkan keimanan.

Al-Qur’an merupakan pedoman dan petunjuk hidup umat manusia untuk meraih kesuksesan di dunia dan akhirat, Sudah seharusnya para orangtua membekali anak-anak mereka dengan pendidikan Al-Quran sedini mungkin.

Muhammad Iqbal, Lc, Al-Hafizh.

( Direktur Pendidikan )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *